Oleh Desi Prayogo
A. Karakteristik Media Pembelajaran
Menjadi seoarang pengajar itu bukanlah sekedar tahu apa itu media pembelajaran , tetapi juga mampu memahami , menggunakan bahkan juga harus mampu menciptakan .
Namun , tidak semua media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan . Oleh karena itu , seorang guru harus mampu memahami karateristik media pembelajaran yang akan digunakan.
Kemampuan memahami karakteristik media pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat membuat media yang bervariasi sesuai dengan materi yang diajarkan , sehingga memberikan pengaruh yang baik dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran .
Gerlach dan Ely mengemukakan tiga karakteristik media berdasarkan petunjuk penggunaan media pembelajaran untuk mengantisipasi kondisi pembelajaran di mana guru tidak mampu atau kurang efektif dapat melakukannya.
Ketiga karakteristik atau ciri media pembelajaran tersebut (Arsyad, 2002) adalah:
A. Ciri fiksatif , yang menggambarkan kemampuan media untuk
merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek.
B. Ciri manipulatif, yaitu kamampuan media untuk
mentransformasi suatu obyek, kejadian atau proses dalam mengatasi masalah ruang
dan waktu. Sebagai contoh, misalnya proses larva menjadi kepompong dan kemudian
menjadi kupu-kupu dapat disajikan dengan waktu yang lebih singkat (atau
dipercepat dengan teknik time-lapse recording). Atau sebaliknya, suatu
kejadian/peristiwa dapat diperlambat penayangannya agar diperoleh urut-urutan
yang jelas dari kejadian/peristiwa tersebut.
C. Ciri distributif yang menggambarkan kemampuan media
mentransportasikan obyek atau kejadian melalui ruang, dan secara bersamaan
kejadian itu disajikan kepada sejumlah besar siswa, di berbagai tempat, dengan
stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut.
Arsyad
(2002) membagi karakteristik media pembelajaran menjadi empat kelompok
berdasarkan teknologi, yaitu: media hasil teknologi cetak, media hasil
teknologi audio-visual, media hasil teknologi berdasarkan komputer, dan media
hasil gabungan teknologi cetak dan komputer. Masing-masing kelompok media
tersebut memiliki karakteristik yang khas dan berbeda satu dengan yang lainnya.
1. Media visual, yaitu jenis media yang digunakan
hanya mengandalkan indera penglihatan peserta didik semata-mata,
sehingga pengalaman belajar yang diterima peserta didik sangat
tergantung pada kemampuan penglihatannya seperti buku,
jurnal, poster, globe bumi, peta, foto, alam sekitar dan sebagainya.
2. Media audio adalah jenis media yang digunakan
dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera
pendengaran peserta didik. Pengalaman belajar yang akan didapatkan
adalah dengan mengandalkan indera kemampuan pendengaran.
3. Media audio-visual, adalah jenis media yang digunakan
dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan
penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan.
Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini
dapat berupa pesan verbal dan nonverbal yang mengandalkan bail< penlihatan
maupun pendengaran.
4. Multimedia, yaitu media yang melibatkan jenis
media untuk merangsang semua indera dalam satu kegiatan
pembelajaran. Multimedia lebih ditekankan pada penggunaan
berbagai media berbasis TIK dan komputer.
Landasan Pemilihan Media Pembelajaran
a. Endang ( 2014 ) ., menuliskan ada 4 landasan pemilihan media pembelajaran :
1.
Kesesuaian
dengan tujuan
2.
Ketepatgunaan
3.
Keadaan peserta
didik
4.
Ketersediaan
Dari
segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang
perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah
sebagai berikut :
1. Motivasi
2. Perbedaan individual
3. Tujuan pembelajaran
4. Organisasi isi
5. Persiapan sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi Umpan balik
8. Penguatan (reinforcement)
9. Latihan dan pengulangan
10. Latihan dan pengulangan
11. Penerapan. [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
1. Motivasi
2. Perbedaan individual
3. Tujuan pembelajaran
4. Organisasi isi
5. Persiapan sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi Umpan balik
8. Penguatan (reinforcement)
9. Latihan dan pengulangan
10. Latihan dan pengulangan
11. Penerapan. [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
Dari
segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang
perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah
sebagai berikut :
1. Motivasi
2. Perbedaan individual
3. Tujuan pembelajaran
4. Organisasi isi
5. Persiapan sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi Umpan balik
8. Penguatan (reinforcement)
9. Latihan dan pengulangan
10. Latihan dan pengulangan
11. Penerapan. [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
1. Motivasi
2. Perbedaan individual
3. Tujuan pembelajaran
4. Organisasi isi
5. Persiapan sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi Umpan balik
8. Penguatan (reinforcement)
9. Latihan dan pengulangan
10. Latihan dan pengulangan
11. Penerapan. [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
Dari
segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang
perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah
sebagai berikut :
1. Motivasi
2. Perbedaan individual
3. Tujuan pembelajaran
4. Organisasi isi
5. Persiapan sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi Umpan balik
8. Penguatan (reinforcement)
9. Latihan dan pengulangan
10. Latihan dan pengulangan
11. Penerapan. [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
sumber diambil dari :1. Motivasi
2. Perbedaan individual
3. Tujuan pembelajaran
4. Organisasi isi
5. Persiapan sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi Umpan balik
8. Penguatan (reinforcement)
9. Latihan dan pengulangan
10. Latihan dan pengulangan
11. Penerapan. [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
http://endangdealova.blogspot.com/2012/12/prinsip-dan-kriteria-pemilihan-media.html
http://mediabacaan.blogspot.com/2012/11/karakteristik-media-pembelajaran.html
*diakses pada 23 maret 2014
Salam Education by Desi Prayogo
STKIP PGRI Bandar Lampung
0 komentar:
Posting Komentar