Welcome to " MATH-ScienceLand "

Home » » KARAKTERISTIK DAN LANDASAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

KARAKTERISTIK DAN LANDASAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Karakteristik dan Landasan Pemilihan Media Pembelajaran Matematika
 Oleh Desi Prayogo

A. Karakteristik Media Pembelajaran

Menjadi seoarang pengajar itu bukanlah sekedar tahu apa itu media pembelajaran , tetapi juga mampu memahami , menggunakan bahkan juga harus mampu menciptakan .
Namun , tidak semua media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan . Oleh karena itu , seorang guru harus mampu memahami karateristik media pembelajaran yang akan digunakan.

Kemampuan memahami karakteristik media pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat membuat media yang bervariasi  sesuai dengan materi yang diajarkan , sehingga memberikan pengaruh yang baik dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran .


Gerlach dan Ely mengemukakan tiga karakteristik media berdasarkan petunjuk penggunaan media pembelajaran untuk mengantisipasi kondisi pembelajaran di mana guru tidak mampu atau kurang efektif dapat melakukannya.
Ketiga karakteristik atau ciri media pembelajaran tersebut (Arsyad, 2002) adalah:
A.       Ciri fiksatif  , yang menggambarkan kemampuan media untuk merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek.
B.      Ciri manipulatif, yaitu kamampuan media untuk mentransformasi suatu obyek, kejadian atau proses dalam mengatasi masalah ruang dan waktu. Sebagai contoh, misalnya proses larva menjadi kepompong dan kemudian menjadi kupu-kupu dapat disajikan dengan waktu yang lebih singkat (atau dipercepat dengan teknik time-lapse recording). Atau sebaliknya, suatu kejadian/peristiwa dapat diperlambat penayangannya agar diperoleh urut-urutan yang jelas dari kejadian/peristiwa tersebut.
C.       Ciri distributif  yang menggambarkan kemampuan media mentransportasikan obyek atau kejadian melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian itu disajikan kepada sejumlah besar siswa, di berbagai tempat, dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut.
Arsyad (2002) membagi karakteristik media pembelajaran menjadi empat kelompok berdasarkan teknologi, yaitu: media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio-visual, media hasil teknologi berdasarkan komputer, dan media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer. Masing-masing kelompok media tersebut memiliki karakteristik yang khas dan berbeda satu dengan yang lainnya.
1.      Media visual, yaitu jenis media yang digunakan hanya mengandalkan indera penglihatan peserta didik semata-mata, sehingga pengalaman belajar yang diterima peserta didik sangat tergantung pada kemampuan penglihatannya seperti buku, jurnal, poster, globe bumi, peta, foto, alam sekitar dan sebagainya.
2.      Media audio adalah jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera pendengaran peserta didik. Pengalaman belajar yang akan didapatkan adalah dengan mengandalkan indera kemampuan pendengaran.
3.      Media audio-visual, adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan. Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan verbal dan nonverbal yang mengandalkan bail< penlihatan maupun pendengaran.
4.      Multimedia, yaitu media yang melibatkan jenis media untuk merangsang semua indera dalam satu kegiatan pembelajaran. Multimedia lebih ditekankan pada penggunaan berbagai media berbasis TIK dan komputer.
Landasan Pemilihan Media Pembelajaran 
a. Endang ( 2014 ) ., menuliskan ada 4 landasan pemilihan media pembelajaran :
1.      Kesesuaian dengan tujuan
2.      Ketepatgunaan
3.      Keadaan peserta didik
4.      Ketersediaan 
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut :

1.    Motivasi
2.    Perbedaan individual
3.    Tujuan pembelajaran
4.    Organisasi isi
5.    Persiapan sebelum belajar
6.    Emosi
7.    Partisipasi Umpan balik
8.    Penguatan (reinforcement)
9.    Latihan dan pengulangan
10.    Latihan dan pengulangan
11.    Penerapan.  [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut :

1.    Motivasi
2.    Perbedaan individual
3.    Tujuan pembelajaran
4.    Organisasi isi
5.    Persiapan sebelum belajar
6.    Emosi
7.    Partisipasi Umpan balik
8.    Penguatan (reinforcement)
9.    Latihan dan pengulangan
10.    Latihan dan pengulangan
11.    Penerapan.  [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut :

1.    Motivasi
2.    Perbedaan individual
3.    Tujuan pembelajaran
4.    Organisasi isi
5.    Persiapan sebelum belajar
6.    Emosi
7.    Partisipasi Umpan balik
8.    Penguatan (reinforcement)
9.    Latihan dan pengulangan
10.    Latihan dan pengulangan
11.    Penerapan.  [9] - See more at: http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html#sthash.2tJmAGBH.dpuf
sumber diambil dari :
  http://endangdealova.blogspot.com/2012/12/prinsip-dan-kriteria-pemilihan-media.html
 http://mediabacaan.blogspot.com/2012/11/karakteristik-media-pembelajaran.html
 *diakses pada 23 maret 2014   














 Salam Education by Desi Prayogo
 STKIP PGRI Bandar Lampung

0 komentar:

Posting Komentar

Template information

Desi Prayogo. Diberdayakan oleh Blogger.